PONPES NURUL FIRDAUS SEBAGAI AGENT OF CHANGE

PONPES NURUL FIRDAUS SEBAGAI AGENT OF CHANGE

IMG20160611101501
Ponpes Nurul Firdaus Sebagai Agen Perubahan Sosial-Keagamaan Mengalami Reposisi dan Reaktualisasi.

(CIAMIS,13/06/2016). Sejalan dengan perkembangan jaman, peran Pondok Pesantren Nurul Firdaus, Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kec. Panumbangan, Kab. Ciamis telah berjalan sebagai agen perubahan dalam realitas sosial mengalami reposisi dan reaktualisasi. Ponpes Nurul Firdaus dengan tokoh sentralnya Dr. Gumilar, S.Pd.,MM dan para ustadz  melakukan proses rekonstruksi tatanan sosial dan budaya.

Sejak kehadiran Ponpes Nurul Firdaus sebagai institusi keagamaan di daerah kaki Gunung Syawal, telah mendedikasikan pengabdiannya kepada masyarakat pedesaan secara sederhana. Pengabdian tersebut diwujudkan dalam bentuk pelayanan yang bersifat keagamaan kepada masyarakat.

IMG20160611084439Kehadiran Ponpes Nurul Firdaus, pada awalnya menjadi tempat sosialisasi anak-anak dan remaja, sekaligus tempat belajar agama. Tetapi pada langkah selanjutnya ber-ikhtiar meletakkan visi dan kiprahnya dalam kerangka pengabdian sosial, yang pada mulanya ditekankan kepada pembentukan moral keagamaan. Saat ini tengah dikembangkan kepada upaya pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. Dalam konteks seperti ini, pendidikan di Ponpes Nurul Firdaus pada dasarnya merupakan pendidikan yang sarat dengan nuansa transformasi sosial.

Proses transformasi sosial yang diperankan Ponpes Nurul Firdaus di lingkungan masyarakatnya, sampai derajat tertentu telah mampu menumbuh-kembangkan kesadaran masyarakat tentang arti kehidupan dan membangun pemahaman masyarakat terhadap persoalan konkret yang mereka hadapi, sehingga masyarakat lebih siap dan berdaya dalam menyikapi kehidupan dengan segala kompleksitas persoalannya. Saat ini yakin Ponpes Nurul Firdaus mampu hadir sebagai agen pembaharu, di tengah lingkungan masyarakatnya.***


Melayani Hypnotherapi, Hypnotis Training, dan Ruqyah Syar’iyyah Hubungi: Dr.Gumilar,S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP, Contact Person HP. 081323230058, PIN BB 58640EF8,atau https://drgumilar.wordpress.com/2014/01/15/hypnosis-shot-indonesia/ *** 

Pos terkait

banner 468x60