DALIL, JENIS, DAN KETENTUAN RUQYAH DALAM ISLAM


Hypnosis SHOT-Indonesia: 

DALIL,  JENIS, DAN KETENTUAN  RUQYAH DALAM ISLAM 

Prosesi Ruqyah untuk Penderita Perilaku Sex Menyimpang (Gay) disebabkan Gangguan Jin.

Prosesi Ruqyah untuk Penderita Perilaku Sex Menyimpang (Gay) yang disebabkan Gangguan Jin.

(CIAMIS,29/10/2015). Ruqyah merupakan salah satu metode penyembuhan yang dilakukan terhadap orang sakit. Sakit ini bisa akibat beberapa alasan seperti sengatan hewan berbisa, sihir, kerasukan atau kesurupan, gangguan jin, gila, dan berbagai jenis kondisi kesehatan lainnya dengan cara membacakan sesuatu (terutama ayat Alqur’an). Secara syariat ruqyah merupakan do’a-do’a atau bacaan-bacaan yang bersumber pada ayat-ayat Alqur’an. Manfaat ruqyah, guna meminta pertolongan dari Allah SWT untuk melakukan tindakan pengobatan atau pencegahan terhadap suatu bala atau penyakit.

Proses Ruqyah Syar'i untuk Memelihara Kesehatan Lahir dan Batin di Hypnosis SHOT-Indonesia

Proses Ruqyah Syar’i untuk Memelihara Kesehatan Lahir dan Batin di Hypnosis SHOT-Indonesia

DALIL TENTANG RUQYAH

Manfaat memeluk agama Islam memiliki pedoman, dalam segala peraturan ibadah, yakni harus dilandasi dengan 2 hal yakni Al-quran dan Hadits. Seperti ruqyah ini dilakukan sesuai dalil, seperti berikut :

Allah SWT berfirman dalam Q.S. Al-Isro ayat 82 yang memiliki arti :  “Dan Kami turunkan dari Al-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.”

Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Bacakan ruqyah-ruqyah kalian kepadaku, tidak apa-apa dengan ruqyah yang tidak mengandung kesyirikan didalamnya.” (HR. Muslim).

Sabda Nabi Muhammad SAW. Dalam sebuah Hadist Riwayat Muslim, yang artinya : ” Tidak apa-apa ruqyah itu selama tidak mengandung syirik”

Beliau juga bersabda : Barangsiapa menggantungkan sesuatu, maka dirinya akan diserahkan kepadanya” (HR Ahmad, Tirmidzi, Abu Dawud dan Al-Hakim).

JENIS RUQYAH

Menurut syariat islam, ruqyah dibedakan menjadi 2 (dua) jenis, yaitu :

  1. Ruqyah syar’iyah, yaitu metode pengobatan yang dilakukan menggunakan manfaat membaca Alquran, yakni melantunkan ayat-ayat Alqur’an yang ditujukan pada pasien. Hal ini guna meminta pertolongan Allah SWT melalui dzikir dan do’a untuk menyembuhkan penyakit.
  2. Ruqyah syirkiyah, yaitu metode pengobatan yang tidak diperkenankan dalam islam, yaitu dengan jalan merapal mantra-mantra yang dilakukan oleh para dukun.

KETENTUAN RUQYAH

Menurut syariat Islam, ruqyah hanya boleh dilakukan jika memenuhi beberapa ketentuan sebagai berikut :

  1. Bacaan atau do’a yang diterapkan dalam ruqyah harus bersumber pada Alqur’an;
  2. Bacaan ruqyah harus menggunakan bahasa Arab, kecuali bagi yang tidak bisa menggunakannya;
  3. Tujuan ruqyah harus jelas;
  4. Tidak meminta kepada yang selain Allah SWT;
  5. Tidak mengandung unsur celaan atau ungkapan yang dilarang atau diharamkan;
  6. Tidak menggunakan persyaratan tertentu, misalnya harus dilakukan di tempat-tempat tertentu, harus dalam keadaan suci, dan lain sebagainya;
  7. Prosesi pengobatan dengan ruqyah harus sesuai dengan nilai-nilai syariah, seperti pasien wanita diwajibkan untuk tetap menutup aurat, dan sebaiknya orang yang menjadi peruqyah juga seorang wanita. Tapi jika tidak ada peruqyah wanita maka boleh dilakukan oleh peruqyah pria dengan syarat harus ada mahrom dari pihak pasien. Hal ini dilakukan untuk menghindari timbulnya fitnah. Selain itu sebaiknya peruqyah pria juga menggunakan sarung tangan tebal sebagai perantara jika dirasa harus menyentuh tubuh pasien wanita.***

Melayani Hypnotherapi, Hypnotis Training, Ruqyah Syar’i Hubungi: Dr.Gumilar,S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP, Contact Person HP. 081323230058, PIN BB 58640EF8, atau https://drgumilar.wordpress.com/2014/01/15/hypnosis-shot-indonesia/ ***

Iklan