Phobia Sosial, Takut Orang

Hypnosis SHOT-Indonesia:

“Phobia Sosial, Takut Orang”

FIQRI NURUL FIRDAUS (13 Tahun)---Sebab utama dari phobia sosial sebagian besar karena orang tersebut merasa tidak aman, merasa sendirian, merasa tidak ada yang melindungi.
FIQRI NURUL FIRDAUS (13 Tahun)—Sebab utama dari phobia sosial sebagian besar karena orang tersebut merasa tidak aman, merasa sendirian, merasa tidak ada yang melindungi.

CIAMIS (23/09/2014). Manusia adalah makhluk sosial, membutuhkan orang lain untuk menjaga eksistensi diri pribadinya. Akan tetapi, rupanya di sekitar kita ada juga orang yang justru menghindari statusnya sebagai makhluk sosial. Psikologi menyebut fenomena unik itu dengan istilah phobia sosial.

Definisi Phobia Sosial:

Sosial fobia (social phobia) atau dikenal juga dengan istilah Social Anxiety Disorder (SAD) merupakan gangguan kecemasan secara menyeluruh yang ditandai dengan ketakutan saat berhadapan dengan orang banyak atau tempat baru. Ketika harus bertemu dengan orang lain selalu saja ada rasa deg-degan, jantung berdebar, keluar keringat dingin, dan gugup. Ada yang parah sampai tidak bisa keluar rumah sama sekali, ketika sudah jauh dari rumah merasa takut.

Sebab utama dari phobia sosial sebagian besar karena orang tersebut merasa tidak aman, merasa sendirian, merasa tidak ada yang melindungi. Kebutuhan dasar pertama dari manusia setelah kebutuhan fisik, yakni rasa aman tidak terpenuhi. Hal ini bisa disebabkan salah satunya karena waktu kecil pernah diancam ditinggal pergi oleh orangtuanya, terutama ibu. Atau kalau tidak diancam, waktu kecil mengalami ketakutan yang sangat karena menyadari di sekeliling dia tidak ada siapa-siapa.

Karakteristik SAD

Sosial fobia (social phobia) atau dikenal juga dengan istilah Social Anxiety Disorder (SAD) merupakan gangguan kecemasan secara menyeluruh yang ditandai dengan ketakutan saat berhadapan dengan orang banyak atau tempat baru.
Sosial fobia (social phobia) atau dikenal juga dengan istilah Social Anxiety Disorder (SAD) merupakan gangguan kecemasan secara menyeluruh yang ditandai dengan ketakutan saat berhadapan dengan orang banyak atau tempat baru.

Menurut Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM III), phobia social ditandai dengan ciri utama ketakutan yang sifatnya menetap, irasional, yang memaksakan individu menghindari situasi-situasi yang membuat individu tersebut merasa malu diperhatikan oleh orang lain.

Pada Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM IV) pada gangguan ini ditekankan pada rasa ketakutan tersebut secara berlebihan dan dengan alasan tidak masuk akal. Berikut rincian ciri fisik dan kognitif phobia social, antara lain :

                Fisik: 

  1. Gemetar pada tangan dan kaki, seperti tremor ketika kecemasan meningkat yang juga disertai gemetar pada saat berbicara;
  2. Berkeringat terutama pada tangan;
  3. Rasa cemas secara berlebihan yang ditandai dengan adanya serangan panik;
  4. Meningkat ketegangan pada otot, ditandai mudah pegal;
  5. Ingin buang air kecil dalam waktu singkat;
  6. Sering sakit kepala;
  7. Mudah merasa lelah;
  8. Rasa sesak di dada;

                Kognitif: 

  1. Rasa takut terhadap penilaian orang lain, takut dikritik;
  2. Selalu berpikir negatif, beranggapan bahwa orang lain menilai buruk tentang dirinya;
  3. Kesulitan menemukan ide-ide baru dan cenderung tidak mampu berpikir secara jernih terhadap permasalahan yang dihadapinya;
  4.  Mengisolasi diri;
  5. Merasa dirinya lemah, bodoh dan selalu merasa khawatir;
  6. Merasa dirinya selalu dilihat oleh orang lain;
  7. Rasa takut untuk melihat atau bertemu orang asing;
  8. Merasa dirinya tidak mampu berkompetisi dan berperilaku sebagaimana orang lainnya;
  9. Menghindari kerumunan atau kumpulan orang ramai/keramaian tertentu saja;
  10. Ketakutan untuk tampil di depan orang lain atau publik.

 Penanganan:

Penderita phobia sosial dapat kembali menjadi normal setelah menjalan terapi secara rutin yang tidak terputus. Penderita phobia social atau SAD harus menjalani tes diagnostik terlebih dahulu untuk menentukan diagnosa awal, dengan melihat skor yang diperoleh dari Clinical Global Impression Scale (CGI), Fear of Negative Evaluation Scale, atau Social Avoidance and Distress Scale.

Treatment di dalam terapi diberikan untuk penderita SAD yang paling sering dikenalkan adalah cognitive-behavioural therapy. Dalam terapi yang dilakukan oleh psikolog, dalam cognitive-behavioural therapy klien diberikan keterampilan bersosialisasi (social skills training) yang dapat dilakukan secara berkelompok atau group (self-help group), latihan dalam mengekspresikan rasa cemas secara tepat dan bagaimana mengontrolnya (exposure techniques), mengubah cara berpikir yang salah (cognitive restructuring techniques) dan teknik kombinasi exposure-cognitive restructuring.

 Adapun keuntungan yang akan diperoleh setelah mengikuti terapi :

  1. Klien dapat mengetahui bahwa dirinya bukan sendiri yang mengalami masalah tersebut dan ia mendapatkan support dari konselor atau orang-orang terdekatnya;
  2. Klien menjadi mandiri dan tidak tergantung pada orang lain dalam menghadapi masalah termasuk konselor, terapis atau psikolog/psikiater;
  3. Klien haruslah mempunyai komitmen untuk berubah pada dirinya sendiri dan terhadap kelompok (group) terapinya;
  4. Klien haruslah mempunyai motivasi dalam penyembuhan dengan menggunakan metode terapi;
  5. Adanya beragam kondisi sosial tertentu di dalam masyarakat yang ikut membantu dalam penyembuhan yang dapat memberikan manfaat di dalam proses terapi;
  6. Klien dapat merasakan kecemasannya sendiri sebagai sesuatu hal yang normal pada situasi tertentu (pada saat tertentu orang normal juga dihadapkan pada situasi sosial yang memberikannya rasa cemas).

Hal yang paling penting ditanamkan pada penderita phobia sosial adalah menyadari bahwasanya rasa takut (khauf) memang merupakan bagian dari ibadah hati. Akan tetapi, rasa takut yang dimaksud hanya takut kepada Allah SWT.***


Melayani Hypnotherapi & Hypnotis Training Hubungi: Dr.Gumilar,S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP,

Alamat: Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kec. Panumbangan, Kab. Ciamis, Jawa Barat, Indonesia, Contact Person HP. 081323230058, PIN BB 25B32303, atau https://drgumilar.wordpress.com/2014/01/15/hypnosis-shot-indonesia/ ***

Pos terkait

banner 468x60