Telah Lahir: “HYPATIA GAHARA”


Telah Lahir: “HYPATIA GAHARA”

Hypatia GaharaCiamis,10/02/2011). Terlahir seorang putri “HYPATIA GAHARA” dari pasangan suami istri Dr. Gumilar, S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP dan Enur Nurjanah, S.Pd., anak ke-3 (tiga) pada jam 07.46 WIB, Kamis, 19 Januari 2012 (24 Pahing, Syafar, 1433 H)  di Klinik Bersalin Sindangherang, kelahiran dibantu bidan senior Nenah dan Team.
 

Nama yang diberikan pada anak bungsu ini adalah “HYPATIA GAHARA“.   HYPATIA diambil dari (bahasa YunaniὙπατία). Nama Hypatia sudah ada  sejak jaman dahulu, yaitu  Hypatía; lahir antara 350 dan 370; meninggal Maret 415) adalah seorang cendekiawan Yunani [1][2] dari Iskandariyah Mesir [3][4] yang dianggap merupakan perempuan terkemuka pertama di bidang matematika. Selain mengajar matematika, ia juga mengajar filsafat dan astronomi di provinsi Mesir pada zaman Kekaisaran Romawi [5]. Sebagai penganut Neoplatonisme, ia mengikuti tradisi matematika Akademi Athena [6] dan pemikiran dariPlotinus yang mengesampingkan empirisisme dan mengedepankan kajian logika dan matematika[7]. Nama Hypatia diturunkan dari ὑπάτη, bentuk feminin dari ὕπατος (upatos) yang bermakna “tertinggi” [8][9]. Hypatia tewas dibunuh oleh gerombolan Kristen yang salah menuduhnya sebagai dalang kerusuhan agama [10].

Hypatia Gahara

Sedangkan nama belakang “GAHARA”  menurut kamus Bahasa Indonesia adalah keturunan raja yang tulen (ayah ibunya anak raja-raja).

Jadi “HYPATIA GAHARA” diharapkan memiliki arti yang mendekati pada arti kata bentuk feminin dari ὕπατος (upatos) yang bermakna “tertinggi” dan keturunan raja yang tulen (ayah ibunya anak raja-raja).

Dengan harapan anak yang baru lahir ini memiliki sifat-sifat yang memiliki budi pekerti yang luhur, seperti layaknya sifat-sifat yang dimiliki oleh seorang Raja/Ratu.

Sampai saat ini ditulis pasangan suami istri Gumilar dan Enur Nurjanah ini sebelumnya sudah memiliki 2 (dua) orang anak laki-laki yaitu Anak Pertama (Fiqri Nurul Firdaus, 21/07/2001) dan (Gifary Pawanteh, 27 Juli 2008).

Hypatia Gahara

Semoga ketiga anak dari pasangan suami istri ini diberikan kesehatan lahir dan batin, memiliki masa depan yang baik yang berguna untuk kemaslahatan ummat. Amin. (gmlr)****

Catatan kaki:

  1. ^ Mueller, I. (1987). Women of Mathematics: A Biobibliographic Sourcebook. New York: Greenwood Press.
  2. ^ The Cambridge Dictionary of Philosophy, 2nd edition, Cambridge University Press, 1999:“Greek Neoplatonist philosopher who lived and taught in Alexandria.”
  3. ^ HypatiaEncyclopædia Britannica“Egyptian Neoplatonist philosopher who was the first notable woman in mathematics.”
  4. ^ Columbia Encyclopedia, Hypatia “Alexandrian Neoplatonic philosopher and mathematician”
  5. ^ Edward Jay Watts, (2006), City and School in Late Antique Athens and Alexandria. pages 197-198. University of California Press
  6. ^ Hypatia of Alexandria – a philosophical martyrThe Philosopher’s Zone, ABC Radio National (4 April 2009).
  7. ^ Scholasticus, SocratesEcclesiastical History.
  8. ^ Greek Word Study Tool, at Perseus project
  9. ^ Ypatos, Henry George Liddell, Robert Scott, A Greek-English Lexicon, at Perseus project
  10. ^ Toohey, Sue (2003). “The Important Life & Tragic Death of Hypatia”. Skyscript.co.uk. Diakses pada 9 Desember 2007.