Badan Narkoba Kabupaten (BNK) Ciamis: “AWAS BAHAYA NARKOBA “


Badan Narkoba Kabupaten (BNK) Ciamis:

“AWAS BAHAYA NARKOBA “

Tampak di Gambar Agus Winarman, SH, Ketua Pelaksana Harian BNK Kab. Ciamis Sedang Menjelaskan Kawasan Bebas Asap Rokok, Narkoba, dan Penyakit Menular Seksual (PMS) di Pondok Pesantren Nurul Firdaus

CIAMIS (21/08/2011). Untuk memberikan pemahaman dan memotivasi masyarakat ikut berpartisipasi dalam menanggulangi permasalahan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, (P4GN),  salah satunya melalui pelaksanaan kegiatan Penyuluhan Kawasan Sehat Tanpa Asap Rokok  dan Penyuluhan Penanggulangan Bahaya Narkotika dan PMS di Sekolah, Badan Narkotika (BNK) Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan Pondok Pesantren Nurul Firdaus-Panumbangan melaksanakan “Seminar Gratis” untuk Pelajar, Mahasiswa, Santri, Ustad/zah, Guru dan Masyarakat Umum bertempat di Pondok Pesantren Nurul Firdaus (Minggu,21/08/2011). Acara dihadiri oleh Ohan Hidayat, Anggota DPRD Kab. Ciamis, Ketua MUI, Danramil, UPTD Pendidikan, Kepala UPTD Puskesmas dan tokoh masyarakat.

AGUS WINARMAN, SH (Ketua Pelaksana Harian BNK Kab. Ciamis)

Ketua Pelaksana Harian Badan Narkotika Kabupaten Ciamis, Agus Winarman, SH., dalam acara pembukaan menyampaikan bahwa: “Penyuluhan Kawasan Sehat Tanpa Asap Rokok  merupakan salah satu program dan kegiatan Pelaksana Harian BNK Ciamis dalam upaya menciptakan kawasan sehat tanpa asap rokok serta meningkatkan pengetahuan tentang bahaya asap rokok.”

Agus juga menyampaikan bahwa Penyuluhan Penanggulangan Bahaya Narkotika dan PMS di Sekolah dan Pondok Pesantren merupakan salah satu program kegiatan Pelaksana Harian BNK Ciamis pada tahun Anggaran 2011, dalam upaya meningkatkan pengetahuan pemahaman, dan kesadaran siswa, mahasiswa, tenaga pendidik, keluarga dan masyarakat terhadap bahaya  penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Seminar Kawasan Sehat Tanpa Asap Rokok  akan dilaksanakan pada dua tempat dalam waktu yang berbeda untuk hari Minggu,21 Agustus  2011, di Pesantren Nurul Firdaus Desa Kertaraharja, Kec. Panumbangan, jumlah peserta 250 Orang Pelajar, Pemuda dan Masyarakat. Sedangkan untuk kegiatan seminar Penanggulangan Bahaya Narkotika dan PMS di Sekolah akan dilaksanakan pada hari Jum’at, 19 Agustus  2011, di SMK Negeri 1 Cijulang Kec. Cijulang.

Dalam acara ini yang hadir menyampaikan materi meliputi dari Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Tokoh Masyarakat, Unsur POLRI dan BNK Ciamis dan Pimpinan Umum Ponpes Nurul Firdaus.

Dr. Gumilar, S.Pd.,MM (Pimpinan Umum Ponpes Nurul Firdaus)

Dalam acara sambutannya Dr. Gumilar, S.Pd.,MM, selaku Pimpinan Umum Pondok Pesantren Nurul Firdaus mengungkapkan tentang bahaya merokok, narkoba dan hukum merokok menurut pandangan Agama Islam, serta cara jitu berhenti kecanduan narkoba dan rokok.

“Kami sedang mengembangkan Hypnosis SHOT (Spiritual HypnOtivation Therapy) yang diantaranya program untuk rehabilitasi kecaduan asap rokok dan narkoba melalui hypnotherapi. Sebagian besar pasien yang melakukan pengobatan alternatif ini telah membuahkan hasil yang cukup signifikan” kata Gumilar.

Gumilar merasa sangat prihatin sekali melihat jumlah perkembangan pecandu merokok dan pecandu narkoba semakin meningkat di kalangan anak remaja. Hal ini disebabkan peredaran rokok dan narkoba sangat mudah di dapatkan dari peredaran gelap pasar narkoba. Bahkan di Indonesia sudah bergeser dari negara konsumen menjadi negara produsen narkoba.

OHAN HIDAYAT (Anggota DPRD Kab. Ciamis)

Dalam kesempatan yang sama Ohan Hidayat, Anggota DPRD Kab. Ciamis menyatakan memerangi pengedar narkoba cukup sulit, hal ini diperlukan kerjasama yang baik semua komponen masyarakat untuk memperkecil ruang gerak peredaran narkoba di lingkungannya masing-masing.

Di tengah acara peserta seminar diberikan kesempatan untuk menyaksikan demonstrasi teknik hypnotherapi untuk pecandu rokok, , disampaikan oleh Rohdian Al-Ahad, CH., CHt. (Hypnosis SHOT Indonesia) dan Abu Bakar bin Mansur, CH.,CHt. (Presiden Hypnosis SHOT-Indonesia Chapter Malaysia).

Sebelum acara seminar di mulai terlebih dahulu dilaksanakan pengajian manakiban sekaligus pembukaan Pesantren Kilat untuk Remaja yang  diselenggarakan oleh Ikatan Remaja Mesjid. Di penghujung acara diakhiri dengan acara tanya jawab dengan peserta yang hadir. (gmlr).***

Iklan