ABSTRAK DESERTASI STRATEGI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DAN MANAJEMEN AKSELERASI PENUNTASAN WAJAR DIKDAS SEMBILAN TAHUN DENGAN PENDEKATAN PROGRAM PENDANAAN KOMPETISI–INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (PPK–IPM) BIDANG PENDIDIKAN


GUMILAR. (Studi Kasus Strategi Implementasi Kebijakan dan Manajemen Program Pendanaan Kompetisi–Indeks Pembangunan Manusia (PPK-IPM) Bidang Pendidikan untuk Akselerasi Penuntasan Wajar Dikdas 9 Tahun di Kab. Ciamis). Disertasi. UPI Bandung 2008.

Untuk menjalankan misi akselerasi pencapaian IPM 80 di tahun 2010, Pemerintah Prop. Jabar meluncurkan PPK-IPM yang fokus pada kompetisi kinerja kabupaten/kota di dalam menggalang sinergi dengan pemerintah propinsi, masyarakat, swasta, perguruan tinggi, atau lembaga pendidikan setempat. Peluncuran PPK ini diharapkan dapat meningkatkan pencapaian target IPM dengan probabilitas keberhasilan yang lebih tinggi.

Rumitnya perencanaan anggaran, kurang tepatnya sasaran pembiayaan, lemahnya pemberdayaan sekolah dalam hal anggaran, dan bervariasinya dukungan masyarakat terhadap anggaran pendidikan semua ini merupakan problematika pembiayaan pendidikan untuk penuntasan Wajardikdas 9 Tahun, hal inilah yang menarik perhatian peneliti dan juga menjadi alasan mendasar yang kuat untuk melakukan penelitian.

Masalah penelitian ini dirumuskan: “ Bagaimanakah strategi implementasi kebijakan dan manajemen PPK-IPM Bidang Pendidikan untuk akselerasi penuntasan Wajar Dikdas 9 Tahun”.

Metode penelitian yang digunakan kualitatif bersifat deskriftip analitis, dengan penggunaan sampel tekhnik snow ball sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) PPK-IPM Bidang Pendidikan untuk akselerasi penuntasan Wajardikdas 9 Tahun, berbasis pada partisipasi masyarakat untuk mengakselerasi peningkatan Indeks Pendidikan (IP). Program tersebut berbasis pada aktivitas yang berkelanjutan, tidak semata-mata melakukan investasi fisik, dan manfaatnya terutama dirasakan oleh masyarakat miskin. (2) Dalam penyusunan rencana, dan implementasi kebijakan PPK-IPM Bidang Pendidikan di Kab. Ciamis, dihadapkan pada kesenjangan antara rentang angka anggaran yang dibutuhkan dengan ketersediaan anggaran untuk dapat direalisasikan memenuhi kebutuhan penuntasan Wajardikdas 9 Tahun; (3) Manajemen PPK-IPM Bidang Pendidikan di Kab. Ciamis, baik yang berupa perencanaan, pengalokasian, pendistribusian dan penggunaan anggaran dinilai telah tepat sasaran; (4) Kinerja PPK-IPM Bidang Pendidikan di Kab. Ciamis telah dapat meningkatkan Angka IPM Bidang Pendidikan sesuai dengan harapan, keberhasilannya didukung keterlibatan stakeholder pendidikan yang tersedia;

Rekomendasi: Perlu penunjukan instansi tertentu sebagai penanggung jawab pengelolaan asset hasil kegiatan PPK-IPM untuk menjaga keberlanjutan & pengelolaan asset hasil kegiatan sesuai peraturan perundangan yang berlaku, serta untuk memantau secara terus menerus pengelolaan stimulan uang/barang yang secara faktual sudah diserahkan dan dikelola sepenuhnya kepada masyarakat.

Implikasi penelitian: Perlu penyempurnaan model akselerasi penuntasan Wajar Dikdas 9 Tahun agar lebih terfokus pada kebutuhan dan keinginan masyarakat.***


Melayani Hypnotherapi & Hypnotis Training Hubungi: Dr.Gumilar,S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP,

Alamat: Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kec. Panumbangan, Kab. Ciamis, Jawa Barat, Indonesia, Contact Person HP. 081323230058, PIN BB 25B32303, atau https://drgumilar.wordpress.com/2014/01/15/hypnosis-shot-indonesia/ ***

Iklan