MENYEMBUHKAN LATAH — CULTURE BOUND SYNDROME

MENYEMBUHKAN LATAH — CULTURE BOUND SYNDROME

Menyembuhkan Latah
Latah Dianggap sebagai Suatu Sindrom Khusus Kebudayaan

(CIAMIS,19/12/2016). Dari Wikipedia bahasa Indonesia, Latah adalah suatu keadaan fisik di mana penderita secara spontanitas mengeluarkan respon (berupa ucapan kata-kata atau kalimat dan sering disertai gerakan tubuh) terhadap suara atau gerakan yang sifatnya mengagetkan penderita. Sejauh ini, latah baru ditemukan di budaya dan orang Asia Tenggara, terutama Indonesia dan Malaysia. Oleh sebab itu, latah dianggap sebagai suatu sindrom khusus kebudayaan.

Latah disebut dengan Culture Bound Syndrome. Dikatakan demikian karena “penyakit” ini hanya dijumpai pada penduduk Asia, terutama Asia Tenggara. Belum ada ditemukan orang barat mengalaminya. Latah biasanya timbul ketika suatu keadaan fisik penderita secara spontanitas mengeluarkan respon (berupa ucapan kata-kata atau kalimat dan sering disertai gerakan tubuh) terhadap suara atau gerakan yang sifatnya mengagetkan penderita. Latah memang bukan gangguan psikologis yang serius dan malah banyak orang menganggapnya sebagai hiburan atau sesuatu yang lucu.

cara menyembuhkan latah
Latah adalah Keadaan Fisik Penderita Secara spontanitas Mengeluarkan Respon

Beberapa psikolog seperti Winzeler dan Robert L, menganggap latah adalah keadaan fisik dimana penderita secara spontanitas mengeluarkan respon (berupa ucapan kata-kata atau kalimat dan sering disertai gerakan tubuh) terhadap suara atau gerakan yang sifatnya mengagetkan penderita. Latah juga bisa dikarenakan adanya keinginan atau kebutuhan yang tidak terpenuhi, sehingga terpendam di alam bawah sadar. Hal ini biasanya berlanjut menjadi mimpi atau mengigau. Mayoritas penderita latah adalah kaum hawa.

Tingkah laku yang mungkin direaksikan seorang latah, yaitu:

  1. Echolalia: meniru kata, bunyi atau ucapan pada saat terkejut;
  2. Echopraxia: meniru perbuatan atau gerak-gerik;
  3. Automatic obedience: menjalankan perbuatan atau gerak-gerik yang diperintahkan orang lain secara mendadak;
  4. Coprophilia: melontarkan kata-kata yang kurang pantas, biasanya berhubungan dengan seks, yang unik, kata-kata yang sering terlontar adalah yang mengandung huruf O, misal: copot, dor atau peot.

Penyebab Latah:

Penyebabkan timbulnya gangguan latah, yaitu :

  • Teori Pemberontakan. Dalam kondisi latah, seseorang bisa mengucapkan hal-hal yang dilarang tanpa merasa bersalah. Gejala ini semacam gangguan tingkah laku. Lebih kearah obsesif karena ada dorongan yang tidak terkendali untuk mengatakan atau melakukan sesuatu.
  • Teori Kecemasan. Gejala latah muncul karena yang bersangkutan memiliki kecemasan terhadap sesuatu tanpa ia sadari. Rata-rata, dalam kehidupan pengidap latah selalu terdapat tokoh otoriter, entah ayah atau ibu. Bisa jadi, latah merupakan jalan pemberontakannya terhadap dominan orang tua yang sangat menekan. Walau demikian tokoh otoriter tidak harus berasal dari lingkungan keluarga.
  • Teori Pengondisian. Inilah yang disebut latah gara-gara ketularan. Seseorang mengidap latah karena dikondisikan oleh lingkungannya, misalnya gara-gara latah, seseorang merasa diperhatikan dan diperhatikan oleh lingkungan. Dengan begitu, latah juga merupakan upaya mencari perhatian.
menyembuhkan latah
Latah dapat Disembuhkan melalui Hypnotherapi Lebih Efektif Dibanding dengan Metode Lainnya

Cara Menyembuhkan Latah

Cara menyembuhkan latah diantaranya sbb.:

  • Dengan psikoterapi. Psikiater akan mengajak pasien berbicara dan membukakan apa yang selama ini menjadi tekanan.
  • Jika latah itu sudah sampai ke tingkat kecemasan, misalnya konsentrasi penderita cepat buyar, atau dia selalu mengaitkan segala sesuatu ke arah seks, penderita perlu diberi obat anti cemas.
  • Dengan behavior therapy (terapi perilaku). Di Amerika pasien menjalani behavior therapy dengan cara disetrum. Penderita disuruh menonton film dewasa, jika dia latah dia distrum. Di Indonesia behavior therapy dilakukan dengan cara yeng lebih halus. Penderita di suruh menonton film dewasa dan adegan itu direkam. Saat hasil rekaman diputar, pasien akan merasa malu ketika melihat dirinya latah.
  • Dengan hypnotherapi dengan cara memprogram pikiran bawah sadar dengan sugesti tertentu.***

Sebagian besar penderita latah dapat disembuhkan melalui metode hypnotherapi lebih cepat dibanding dengan metode lainnya, atau tergantung karakter penderita.***

 


Melayani Hypnotherapi, Hypnotis Training, Ruqyah Syar’iyyah & Konsultan Usaha Hubungi: Dr.Gumilar,S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP, Contact Person HP. 081323230058, PIN BB 58640EF8***

Pos terkait

banner 468x60